Akhir-akhir ini, media cetak, media online dan televisi sering sekali memberitakan tentang kejahatan seksual yang terjadi di sekitar kita. Hal ini tentu membuat kita resah, terutama buat cewek-cewek. Tenang aja temen ngeBLUR, kali ini kita akan membagikan tips jitu bagaimana menjaga diri agar terhindar dari kejahatan.


1. Hindari Berpergian Sendirian
Pelaku kejahatan biasanya mengincar korban yang berjalan sendirian karena perlawanan yang mereka lakukan biasanya lebih lemah, maka dari itu sebisa mungkin hindari berpergian sendirian. Kalau ingin berpergian, apalagi pergi ketempat yang cukup jauh, temen ngeBLUR bisa mengajak kakak, adik, teman, pacar atau gebetan untuk menemani kamu agar tidak pergi sendirian.


2. Membawa Alat Untuk Pelindung Diri
Kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, maka dari itu tidak ada salahnya apabila kita membawa alat untuk melindungi diri kita sendiri di saat darurat. Cutter kecil, semprotan cabai, atau pisau lipat merupakan alat yang dapat selalu kita bawa, selain karena ukuranya kecil, alat-alat tersebut juga berguna untuk melindungi diri kita sendiri ketika dalam bahaya.


3. Jangan Pulang Larut Malam
Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk para pelaku kejahatan beraksi, karena malam hari cenderung sepi dan sedikitnya penduduk sekitar yang beraktivitas. Sebisa mungkin temen ngeBLUR menghindari untuk tidak pulang larut malam, dan sendirian. Usahakan untuk meminta tolong seseorang untuk menjemput kita apabila terpaksa untuk pulang larut malam.


4. Belajar Bela Diri
Temen ngeBLUR, salah satu cara ampuh buat terhindar dari kejahatan adalah memastikan diri kamu kuat. Gak ada salahnya untuk belajar gerakan-gerakan karate dasar, taekwondo, atau bela diri lainnya yang mengutamakan pertahanan dibandingkan penyerangan. Hal ini patut sekali dicoba karena kita tidak pernah tau kapan dan dimana kejadian kejahatan dapat terjadi. Jadi, kamu juga harus bisa menjaga diri kamu sendiri. Jangan salah, kalo kamu kuat, kamu juga lebih percaya diri loh!


5. Hindari Berbicara dengan Orang Asing
Pelaku kejahatan, terutama kejahatan seksual bisa siapa saja, tidak terkecuali orang asing yang sedang nongkrong di pojok kampus kamu, atau sudut jalan dekat rumah kamu. Bukan berarti kita jadi orang yang curigaan loh, temen NgeBLUR tapi banyak sekali kejadian pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang tidak dikenal. Jadi, kalau kamu sedang jalan dan di datangi oleh orang tidak kenal, sebisa mungkin segera menghindar, atau kamu arahkan saja ke petugas keamanan terdekat.

Sekian tips kali ini, semoga dapat di coba dan bermanfaat. Tetap selalu waspada dan selalu berdoa karena kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Semoga hari mu menyenangkan and stay safe, temen ngeBLUR!