Temen ngeBLUR pastinya punya dream job yang ingin dicapai. Satu di antaranya adalah menjadi jurnalis. Jurnalis bukanlah pekerjaan gampang, temen ngeBLUR. Perlu ketangkasan saat melaksanakan tugas sebagai jurnalis. Seiring dengan mudahnya masyarakat mengakses informasi secara daring, sekarang bermunculan jurnalis yang biasa disebut citizen journalist. Lalu, apa saja tipe-tipe jurnalis?  Berikut ini tipe-tipe jurnalis menurut BLURadio.

Jurnalis Hoaxers

Tipe jurnalis seperti ini patut diwaspadai nih, temen ngeBLUR.  Mereka dalam menulis berita biasanya mengandalkan kabar burung yang belum tentu kebenarannya dan hanya membuat pembaca panik duluan. Kebanyakan pula tulisan yang dibuat jurnalis tipe ini berakhir dengan “info hoax” belaka.

 Jurnalis Panis

Penulis jurnal seperti ini biasanya sering membuat pembaca salah paham. Mengapa? Karena dalam menulis jurnal mereka sering menulis berita yang isinya tidak mencakup keseluruhan berita sehingga memunculkan berita yang tidak sesuai dengan aslinya. Bahkan sampai saat ini masih banyak loh penulis jurnal seperti ini. Temen ngeBLUR  harus lebih hati-hati dalam memilah sebuah jurnal atau berita, ya.

Jurnalis Copast (Copy-Paste)

Jurnalis tipe ini bisa dibilang jurnalis yang kerjanya ingin simpel, gak ingin ribet turun ke lapangan untuk mencari berita atau bahan liputan. Biasanya tipe jurnalis macam ini banyak banget kita temuin karyanya di web ataupun blogspot. Mereka biasa copy-paste dari web resmi ataupun dari artikel orang lain tanpa adanya izin dari pemilik situs resmi artikel itu.

Jurnalis Idealis

Jurnalis tipe ini sangat kuat dalam berargumen, biasanya sangat kritis dalam suatu permasalahan ataupun topik bahasan. Jurnalis tipe ini dalam membuat artikel biasnya berlandaskan fakta dan data yang mereka dapatkan selama riset. Pasti ada yang bilang, “kan setiap jurnalis itu idealis”. Maksud idealis di sini adalah konsisten dalam memuat berita atau artikel sesuai dengan keilmuan mereka, temen ngeBLUR. Artikel yang dibuat bisa dibilang intelektual sekali.

Itulah tipe-tipe jurnalis zaman sekarang, temen ngeBLUR. Hayo, siapa yang ingin jadi jurnalis? Jadilah jurnalis yang taat aturan ya, temen ngeBLUR. Jangan menyebar berita palsu kayak lagu Ayu Ting-Ting – Berita Palsu. Eh… Alamat Palsu!