Tahun ini, Remaja Islam Cut Mutia (RICMA) kembali menggelar acara bertajuk Ramadhan Jazz 2016 (17-18/6). Acara ini digelar di pelataran parkir Masjid Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat. Ramadhan Jazz Festival merupakan acara jazz pertama yang diadakan di area masjid dengan tujuan untuk menarik minat banyak orang, khususnya anak muda supaya datang ke masjid. Fakta menariknya, acara ini sudah digelar selama 6 tahun berturut-turut loh temen ngeBLUR! Selain itu, gelaran acara ini selalu gak pernah sepi penonton alias selalu meriah di setiap tahunnya.

Ngomong-ngomong, acara Ramadhan Jazz Festival ini gak cuma sekedar acara musik, tapi juga sebagai media aksi sosial. Hal itu terlihat dari cara unik untuk bisa masuk ke acara ini. Penonton yang ingin masuk ke acara ini cukup memberikan donasi sebagai pengganti tiket masuk yang terdiri dari empat cara, yaitu, memberikan donasi melalui jasa Go Tix, sumbangan berupa buku untuk anak-anak, memberikan rekaman suara membaca ayat suci Al-Quran, dan donor darah. Dana yang terkumpul pada acara ini nantinya akan digunakan untuk memperbaiki fasilitas pendidikan, temen ngeBLUR! Jadi, selain bisa menikmati alunan musik jazz, temen ngeBLUR juga bisa melakukan aktivitas sosial dengan cara beramal. Yap, semoga beramal di bulan Ramadhan akan mendapat pahala berlipat ganda ya, temen ngeBLUR!

Acara ini dimulai sekitar pukul 21.00 WIB atau seusai shalat tarawih. Penonton yang datang tidak hanya berasal dari kalangan muda loh, tapi juga kalangan tua turut meramaikan gelaran acara ini. Hal ini membuktikan bahwa Ramadhan Jazz Festival terbuka untuk berbagai kalangan usia. Ramadhan Jazz Festival berlangsung selama dua hari yaitu, pada tanggal 17-18 Juni 2016. Gelaran acara ini dihadiri dengan bintang tamu yang menarik seperti Idang Rasjidi Quintet, Yuka Tamada, Rizky Febian dan Barsena Besthandi pada hari pertama.

Pada hari kedua, gelaran acara ini menghadirkan Soulvibe, Ecoutez, Merah, Shena Malsiana, Maliq & D’essentials, dan Fariz RM Freedom Trio. Suasana ramai dan meriah tidak hanya berlangsung pada hari pertama, temen ngeBLUR. Pada hari kedua pun gak menurunkan semangat penonton untuk datang ke acara ini. Bintang tamu yang dihadirkan di acara ini sukses menyedot perhatian penonton yang datang. Selain dihibur dengan berbagai bintang tamu keren, penonton yang datang juga dapat menikmati berbagai jajanan khas bulan Ramadhan yang ada pada stand-stand di sekitar stage.

Gimana? Kebayang kan keseruan acara Ramadhan Jazz Festival 2016  kemarin temen ngeBLUR? Selain seru, tanpa disadari kita juga telah beramal baik. Semoga acara Ramadhan Jazz Festival tahun depan bisa lebih seru, lebih ramai, dan lebih meriah ya! Dan semoga amal yang telah kita berikan di acara Ramadhan Jazz Festival dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sampai jumpa di acara Ramadhan Jazz Festival tahun depan, temen ngeBLUR!