Kemarin (Selasa, 23/05/16) Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) menggelar acara tahunan yang bertajuk Padma Ksatria 7. Tahun ini Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah untuk acara ini. Ada banyak rangkaian acara yang diselenggarakan kemarin loh, temen ngeBLUR! Salah satunya yaitu seminar nasional dengan tema Aksi Nyata Agribisnis Indonesia dalam Menghadapi MEA. Menurut Nurul Utami, selaku ketua pelaksana, Padma Ksatria 7 hadir agar mahasiswa mengetahui lebih banyak tentang MEA.


Banyak pembicara keren hadir ke seminar ini. Pembicara pertama yaitu pimpinan komisi IV DPR RI, Ir. H. E. Herman Khaeron, M.Si. Menurut beliau, di Indonesia jumlah petani sampai tahun 2015 cenderung menurun. Petani-petani tersebut usianya tidak muda lagi. Jika dibiarkan, maka Indonesia akan kehilangan petani yang perannya sebagai mesin produksi pangan. Waduh, kalau petani sampai gak ada, kita pasti bingung mau makan apa, temen ngeBLUR. Makanya, Pak Herman juga bilang kalau sumber daya alam dan sumber daya manusia harus dibicarakan bersama agar sektor pertanian naik.

Nah, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, bapak Teddy Rachmad Muliady berpendapat kalau masyarakat harus berkompeten dan mempunyai kemampuan berwirausaha dalam bidang agribisnis. Ada quotes keren nih temen ngeBLUR dari Bapak Staff Kementan ini: “Selama manusia masih hidup dan memerlukan makan, sektor pertanian akan terus diperlukan.

Dilanjutkan oleh Bapak Sahat M. Pasaribu yang ngejelasin soal gimana caranya Indonesia menghadapi persaingan global. Ternyata nilai ekspor Indonesia ke ASEAN menduduki peringkat pertama loh, temen ngeBLUR! Selain itu Indonesia juga menjadi sasaran pasar di negara-negara ASEAN. Adanya potensi ini tetap mengharuskan Indonesia waspada dalam menghadapi MEA karena ternyata negara-negara lain punya lebih banyak potensi.

Seminar nasional ini diakhiri oleh Bapak Wirawan Winarto selaku Vice President Operation PT. Lion Super Indo. Temen ngeBLUR pasti udah gak asing dong sama perusahaan retail yang satu ini? Yap! Super Indo ternyata turut membantu Indonesia dalam bidang pertanian. Perusahaan ini memastikan sayur yang sampai ke tangan konsumen tetap segar dan higenis.

Oke, kalau udah ikutan seminar ini dipastiin deh temen ngeBLUR bakalan siap menghadapi MEA! Sampai ketemu di Padma Kstaria selanjutnya, temen ngeBLUR!