The Academy Awards–atau yang biasa disebut dengan Oscars–udah ditayangin lebih dari 2 minggu yang lalu, namun, semangat malam Oscars masih bisa kita, Tim Music Director BLURadio, rasain sampai sekarang.

Pada tanggal 28 Februari lalu, berbagai film dari berbagai macam genre berhasil menyabet piala dari ajang penghargaan bergengsi ini. Akan tetapi, dari semua piala, pengumuman yang paling kita tunggu-tunggu adalah pemenang piala Best Original Song, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Sam Smith dengan Writing’s on the Wall, yang merupakan soundtrack dari Spectre.

Nominasi piala ini juga nggak lupa menarik perhatian kami, pasalnya berbagai lagu yang nggak kalah menariknya berhasil mendapatkan nominasi untuk piala ini. Selain ada Sam Smith dengan Writing’s on the Wall, ada juga: Lady Gaga dan Diane Warren dengan Til It Happens to You, The Weeknd dengan Earned It, Simple Song #3 oleh David Lang dan juga Manta Ray oleh J. Ralph.

Karena nominasi Best Original Song yang menurut kami sangat menarik, pada kesempatan ini, kami memutuskan untuk mengulas soundtrack-soundtrack film yang dirilis pada tahun 2015. Langsung liat aja ulasan dari kami di bawah ini!

ALBUM

AMY

Piala Oscar adalah annual event yang gak mungkin orang gak tau, dan pasti juga ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Buat kamu yang udah tau para pemenang tahun ini, pasti tau dong kalo salah satu pemenangnya adalah film Amy dalam kategori Best Documentary. Film yang pastinya adalah pencatat jejak hidup sang legenda Amy Winehouse ini memang bener-bener jadi pengobat rasa rindu terhadap sosok fenomenal dirinya dan suara jazz yang sangat khas dari seorang mendiang Amy.

Buat kamu yang mungkin baru tau seorang Amy Winehouse dan mau mengenalnya lebih dalam, soundtrack film Amy bisa jadi representatif awal buat kamu mengenal musiknya kok! Sederet lagu utamanya seperti Valerie dan Rehab udah pasti masuk dalam tracklist ini. Coba juga dengerin Stronger Than Me, dengan alunan jazz yang ringan dan fun serta lirik nyentrik khas Amy. Ada juga Love Is a Losing Game, yang syahdu dan bisa juga jadi soundtrack kamu yang lagi mempertanyakan segala hal tentang cinta. Dan kalo kamu pengen tau juga gimana Amy kalo lagi duet, nah, Body and Soul barengan Tony Bennett juga enak buat nyantai setelah beraktivitas seharian.

STRAIGHT OUTTA COMPTON

Bagi kamu yang suka sama genre hip-hop, kemungkinan besar bakalan suka sama album soundtrack satu ini. Straight Outta Compton merupakan film biographical yang menceritakan tentang sepak terjang grup hip-hop & gangsta rap asal California, NWA. Judul dari film ini juga dipinjam dari album perdana grup yang terdiri oleh Ice Cube, Dr Dre, Eazy-E, Arabian Prince, DJ Yella, dan MC Ren.

Album soundtrack ini dipenuhin sama lagu-lagu NWA di awal karir mereka, terutama dari album perda mereka, Straight Outta Compton. Lagu-lagu historis dan kontroversial NWA semacam F**k tha Police, Straight Outta Compton, dan Gangsta Gangsta masuk dalam tracklist soundtack album ini. Tak hanya itu, single-single solo dari personel-personel NWA seperti No Vaseline dari Ice Cube, Boyz-N-the-Hood dan We Want Eazy dari Eazy E, masuk ke dalam daftar lagu soundtrack film biographical ini. Jadi tunggu apalagi? Buruan cek album soundtrack satu ini!

SINGLE

TIL IT HAPPENS TO YOU – LADY GAGA (THE HUNTING GROUND)

Lagu Til It Happens to You ditulis oleh Diane Warren dan Lady Gaga untuk film The Hunting Ground, sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang pemerkosaan dan pelecehan seksual di kampus Amerika. Lewat lagu ini, Lady Gaga kembali dengan vokal yang emosional dan kuat, dan lirik yang sangat dalam. Untuk kali ini tidak ada alunan musik elektronik berat yang menemaninya, melainkan hanya talenta, gairah, dan kerentanan yang mengiringi setiap alunannya.

Fakta dimana kasus-kasus pemerkosaan masih merajalela dimana-mana, membuat lirik lagu ini menjadi sangat sedih dan menggugah. ‘Till your world burns and crashes, till you’re at the end, the end of your rope, till you’re standing in my shoes, I don’t wanna hear a thing from you, from you, cause you don’t know,’ Gaga akan membuat air mata mengalir dari para pendengar.

EARNED IT – THE WEEKEND (FIFTY SHADES OF GREY)

Siapa sih yang gak tau film Fifty Shades of Grey? Yes, film ini sempet hits banget gara – gara ceritanya yang agak bizarre. Gak cuma filmnya aja yang hits, ternyata banyak dari soundtrack 50 Shades yang berhasil mendapatkan nominasi-nominasi penghargaan. Salah satunya Earned It dari The Weeknd yang masuk nominasi Best Original Song di Oscars tahun ini. Lagu ini emang cocok banget sama karakter filmnya yang seksi. Earned It, yang juga muncul di album Beauty Behind the Madness milik The Weeknd, punya nuansa yang berbeda dari single-single seperti Can’t Feel My Face dan The Hills. Walaupun gitu, lagu ini dijamin nggak kalah sama single-single The Weeknd yang lainnya.