Pumpin the Spooks FINAL

 

Siapa yang nggak tau Halloween? Itu lho, perayaan yang bertemakan hantu dan makhluk-makhluk unik. Selain memang seru dan meriah, perayaan Halloween ini rupanya juga punya sejarahnya sendiri, guys! Perayaan ini berasal dari festival Samhain yang jaman dulu dirayain oleh kaum Celtic. Festival Samhain yang jatuh pada tanggal 31 Oktober ini kemudian dikenal dengan nama All Hallows’ Eve. All Hallows’ Eve jatuh tepat sebelum All Saints’ Day, hari yang kemudian diadakan untuk menghormati para santo. Seiring berjalannya waktu, perayaan hari yang sekarang dikenal dengan nama Halloween ini diadakan secara umum, tanpa berhubungan dengan paham-paham tertentu. Perayaan yang lazim diadain masyarakat ini juga terasa imbas nya sampai ke benua Asia, nggak terkecuali Indonesia.

Halloween memang bukan berasal dari Indonesia, tapi ini bukan jadi penghalang untuk dirayain oleh orang-orang lokal di negara ini, termasuk temen nge-Blur yang memang dari dulu tertarik buat ngehadirin pesta-pesta Halloween, atau yang bahkan memang ingin buat pesta nya sendiri. Jadi, selagi kalian siapin dekorasi dan kostum kalian, kita punya rekomendasi-rekomendasi musik yang asik, yang bisa nemenin kalian bahkan sampai kalian ngerayain Halloween nanti. Check these out!

 

singles

STARS AND RABBIT – SUMMERFALL

 

 

Dari seluruh lagu yang ada di album Constellation milik duo indie folk asal Yogyakarta ini, “Summerfall” bisa jadi salah satu lagu yang bisa kamu masukkan di soundtrack Halloween nih. Coba aja kamu denger deh, intro lagunya yang langsung ‘ngena’ pasti bikin kamu sepakat kalo lagu ini cocok untuk menggema di hari Halloween. Apalagi suara Alda yang serak dan sangat khas juga menambah keyakinan kalo dirinya menjadi salah satu daftar yang ‘dicari’ untuk meramaikan perayaan tiap akhir Oktober ini. (Ezy Ramanedia)

 

PURITY RING – BEGIN AGAIN

 

 

Single dari duo elektronik asal Kanada yang dirilis pada 13 Januari tahun lalu ini merupakan salah satu track yang perlu kamu masukin di playlist Halloween kamu tahun ini. Band yang menjadi salah satu line-up We the Fest 2016 ini pasti mampu mengambil hati kamu. Permainan syntesizer pada lagu ini sesuai dengan iringan piano yang menghipnotis. Selain itu, suara sang vokalis, Megan James, yang lembut akan memabukkan kamu. Hal ini bisa kamu dengerin, terutama di bagian refrain, di mana dia hanya ditemenin oleh instrumen yang minimal yang membuat kamu merasa seperti di dasar laut. Single ini dijamin mampu menghantui kamu pada Halloween tahun ini. (Farhan Baridwan)

 

KASKADE & DEADMAU5 – BENEATH WITH ME (FT. SKYLAR GREY)

 

 

Untuk ke tiga kalinya Kaskade & Deadmau5 berkolaborasi, mereka merilis single terbarunya yaitu “Beneath With Me.” Beda banget sama 2 single sebelumnya, di single ini mereka memberikan sentuhan darkness di lagu ini. Dari awal lagunya kalian pasti langsung bisa merasakan suasana horor ditambah lagi dengan vokal dari Skylar Grey yang memberikan kesan spooky. Lagu ini cocok banget untuk Halloween party karena nuansa lagunya yang dark tapi masih punya melodi yang bikin nge-dance. (Roshan Ghaisani)

 

 

albums

THE KILLERS – SAM’S TOWN

 

 

Album sophomore band asal Las Vegas ini dirilis ditengah kepopuleran Hot Fuss, album pertama dari The Killers. Walaupun nggak mendapatkan kritik yang diharapin oleh para kritikus musik, album ini masih mampu menarik hati para penggemar, sama seperti album mereka sebelumnya. Album yang tepat berumur 10 tahun pada 2 Oktober 2016 kemarin, terinspirasi oleh hotel “Sam’s Town” di Las Vegas (yang uniknya, juga meenjadi lokasi The Killers merayakan hari jadi ke-10 album ini). Album ini cocok untuk jadi soundtrack Halloween kamu tahun ini, selain karena warna musik nya yang gelap, album ini juga penuh dengan track-track seperti “For Reasons Unknown” dan “Read My Mind” yang diiringi oleh beat yang kasar oleh Ronnie Vannuci Jr, desiran gitar dan dentuman bass yang ngagumin oleh Dave Keuning dan Mark Stoermer, dan juga suara soulful Brandon Flowers yang bisa menghantui kamu saat ini juga. Walaupun terdengar berbeda, segala aspek yang ada dalam kumpulan lagu di Sam’s Town menciptakan harmoni terdsendiri pada storytelling nya. Selain track-track tadi, ada juga “Bones,” “When You Were Young,” dan “Sam’s Town” yang dijamin akan membawa pikiran kamu ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Album ini pantas untuk kamu dengerin pada tanggal 31 Oktober nanti. (Farhan Baridwan)

 

MY CHEMICAL ROMANCE – THE BLACK PARADE

 

Image result for the black parade

 

Tahun 2016 merupakan ulang tahun se-dekade dari album studio ketiga My Chemical Romance, The Black Parade yang dirilis pada tahun 2006 dan memperoleh sertifikasi platinum di AS dan Eropa atas pencapaian angka penjualan hingga 1 juta keping. ‘MCR’ hampir identik dengan musik yang berhubungan dengan kematian, horor dan kegelapan. Sebuah pilihan yang dari awal memang sudah mereka tonjolkan.

Di album ini memang MCR ingin membawa konsep rock opera dan memang sukses membawa propaganda tersebut kedalam subtansi gloomy dan dark. Terinspirasi dari Queen, Bowie, dan bahkan Alice Cooper, MCR sukses memikat pendengar dengan lagu hits mereka “Teenagers,” “I Don’t Love You,” dan “Cancer” yang ada di album ini. (Adi Agustha Yudha)

 

M83 – HURRY UP, WE’RE DREAMING

 

Image result for hurry up we're dreaming

 

Sejak sukses pada albumnya breakthrough-nya Dead Cities, Red Seas & Lost Ghost pada tahun 2003, pendiri M83, Anthony Gonzalez sudah membuat banyak karya yang fenomenal. Walaupun banyak personil yang datang dan hilang, hal itu enggak ngebuat Anthony kehilangan semangat bermusik.

Hurry Up, We’re Dreaming mungkin menjadi album terbaik dari M83 sampai saat ini. Dirilis tahun 2011, album studio ke-6 dari band asal Prancis ini telah mendapat nominasi “Best Alternative Music Album” pada Grammy Awards tahun 2013. Gayanya yang estetik, dengan warna musik 1980-an memberikan suara yang unik di setiap lagunya. Seperti nama albumnya, M83 menghadirkan “mimpi” yang akan kamu nikmati lagi dan lagi. (Adi Agustha Yudha)

 

 

artists

 FOXES

 

 

Louisa Rose Allen, atau yang lebih dikenal dengan stage name nya, Foxes, perlu kamu discover lebih di Halloween ini. Penyanyi asal Inggris yang pasti sering kamu denger di lagu “Clarity” milik Zedd ini rupanya juga punya discography nya sendiri, yang kemungkinan akan kamu suka. Di kedua albumnya, Glorious (2014), dan All I Need (2016), Foxes menawarkan tracktrack synthpop yang kaya dengan unsur electronic dan kaya akan beatbeat dengan proporsi yang cukup, tanpa berusaha untuk menjadi terdengar EDM seperti track nya yang berkolaborasi dengan DJ asal Jerman, Zedd. Tracktrack seperti “Youth,” “Holding onto Heaven,” “Talking to Ghosts,” dan “If You Leave Me Now” yang menggema, dan juga tracktrack manis bagaikan candy treats dengan hook-hook yang catchy seperti “Cruel” dan “Better Love” cocok untuk kamu dengerin bulan ini. Tracktrack dari Foxes cocok untuk Halloween tahun ini, terutama untuk kamu yang mau ngadain theme party atau pesta kostum bareng temen-temen kamu di tahun ini. (Farhan Baridwan)

 

COVEN

Dianggap sebagai ‘pemancing’ dari musik-musik gelap yang mengarah ke dunia penyembah setan, gak dipungkiri kalo Coven juga akan menghantui kamu selama bulan Oktober ini. Dibentuk pada akhir 60-an di Chicago, Witchcraft Destroys Minds & Reaps Souls mulus menarik  perhatian peminat musik di dunia. Bahkan di album debutnya ini, ada lagu yang berjudul “Satanic Mass” yang isinya percakapan yang kamu pun juga pasti gak ngerti artinya. Eh tapi, kamu jangan jadi takut buat mendengar lagu ini ya. Mengesampingkan ‘fakta-fakta’ gelap tersebut, lagu-lagu dari Esther ‘Jinx’ Dawson cs. ini bikin kamu ketagihan buat didengar lagi dan lagi! (Ezy Ramanedia)

 

BANKS

 

Penyanyi asal Amerika ini dikenal mempunyai suara yang unik seperti Lana Del Rey. Banks mulai terkenal berawal dari lagunya “Before I Ever Met You” yang dimainkan oleh DJ Zane Lowe di BBC Radio 1. Sejak itu Banks mulai merilis EP, album pertama  Goddess dan September tahun ini dia merilis album keduanya yang berjudul The Altar dengan style yang sama yaitu Dark R&B. Hal yang bikin lagu-lagunya menarik adalah karena ‘raw lyrics.’ Ternyata lirik lagu yang dibuat oleh Banks adalah kata-kata yang Ia ambil dari buku hariannya sendiri. Jadi beberapa lagu di kedua albumnya adalah cerita nyata. Beberapa lagu rekomendasi dari Banks yang pas untuk didengerin saat Halloween diantaranya “Beggin For Thread,” “Waiting Game,” “F*** With Myself,” dan “This Is What It Feels Like.” (Roshan Ghaisani)