“Company’s okay, solitude is bliss.” – Tame Impala

Sendiri bukan selalu berarti kesepian, loh. Tentunya ada moment dimana temen ngeBLUR lagi pengen sendiri tanpa diganggu siapapun. Mungkin untuk menenangan pikiran, mencari inspirasi atau cuma lagi pengen lepas dari bisingnya kota untuk sejenak saja. Tim Music Director BLURadio punya artikel musik bulan Mei yang bertemakan SOLITUDE, dan lagu-lagu pilihan yang pas banget buat nemenin temen ngeBLUR disaat sedang menikmati moment kesendirian itu.


Sabrina Claudio – Confidently Lost (2017)

Pernah nggak sih temen ngeBLUR ngerasa sendirian tapi tetep happy – happy aja? Kalo pernah, wajib banget nih buat temen ngeBLUR dengerin lagu yang satu ini. Single yang merupakan bagian dari EP yang dirilis pada tahun 2017 lalu oleh penyanyi asal Amerika Serikat ini, dirilis secara independent loh temen ngeBLUR. Dengan nuasa R&B dan suaranya yang unik, lewat lagu ini Sabrina Claudio mengungkapkan bahwa sendirian bukan berarti kesepian. Gimana nih temen ngeBLUR? solitude banget nggak sih lagunya? (Tasya Azizah)


RHYE – Waste

Sensual, itulah kata yang dapat menggambarkan RHYE. Yang menjadi daya tarik dari RHYE adalah karakter suara sang vokalis yang terdengar feminim seperti perempuan, namun ternyata suara serak-serak basah ini adalah milik laki-laki bernama Michael Milosh. Waste merupakan salah satu lagu dari album terbarunya yang berjudul Blood (2018). Suara yang lembut dari sang vokalis di lagu ini pas banget untuk menjadi teman menenangkan pikiran temen ngeBLUR. (Saphira Evani Virnanda)


Laze – Harap Itu Aku (2017)

Di kondisi mental yang sepi dan sendiri, apa temen ngeBLUR enak buat diajak bercerita? Havie Parkasya, atau yang biasa dikenal Laze, berbagi cerita dan andai-andainya di lagu urutan ke-12 album hip-hop terbarunya Waktu Bicara (2017). Meskipun menyinggung bahwa “berdua tak lebih baik dari sendiri”, narasi Laze di ‘Harap Itu Aku’ bukan tentang kesendirian, melainkan hasil pemikirannya saat sendiri. Oleh karena itu, lagu ini merupakan merupakan lagu terintrospektifnya di Waktu Bicara.

Dengan penuh rasa, Laze bermain kata dalam baris-baris rima yang bermakna ganda. Sebagian besar merupakan kegelisahan tentang orang tua dan keluarga di masa muda. Lah, kata-kata saya jadi berima juga. Ya maaf, ini gara-gara Waktu Bicara. (Prihatur Setyo Putra)


Aurora – Half the World Away (2015)

Muncul sebagai soundtrack untuk iklan ‘John Lewis Christmas 2015’, lagu yang satu ini merupakan versi cover dari lagu musisi rock ternama asal inggris, yaitu Oasis. Lagu ini sendiri menceritakan tentang keinginan untuk meninggalkan kehidupan yang stagnan di kota yang membosankan. Disuguhi dengan suara Aurora yang lembut dan bertolak belakang dengan versi asli dari lagu ini, membuat lagu tersebut pas banget nih buat temen ngeBLUR dengerin dikala ‘Me Time’ melanda. (Tasya Azizah)


Bon Iver – For Emma, Forever Ago (2008)

Burn your favorite scented candle, play the music and close your eyes.
Pasti ada waktu dimana temen ngeBLUR lagi pengen sendiri, being alone without being lonely.
Album dari Bon Iver yang berjudul For Emma, Forever Ago cocok banget nih buat nemenin di moment solitude temen ngeBLUR. Album ini tercipta saat Justin Vernon sedang ‘mengobati’ dirinya dari patah hati karena urusan percintaan dan bandnya yang bubar. Ia pergi ke sebuah kabin di daerah pedesaan dan menghabiskan musim dinginnya dengan sebuah gitar akustik untuk menciptakan album ini. Bon Iver sendiri diambil dari bahasa Perancis yang berarti “good winter” dalam bahasa Inggris. (Saphira Evani Virnanda)


Alessia Cara – Here

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang terpaksa menghadiri suatu acara pesta, yang sebenarnya dia sama sekali gak minat. Tapi karena paksaan dari teman-temannya akhirnya dia mau datang ke pesta tersebut meskipun dia nggak ngapa-ngapain di sana, yang ada dia cuman ngeluh-ngeluh dalem hati pengen pulang karena ngerasa nggak nyaman. “I would rather be at home all by myself not in this room with people who don’t even care about my well being” keliatan banget kan segimana nggak nyamannya dia.
Meskipun begitu, alunan musik alternative RnB yang disuguhi Alessia Cara di lagu ini membuat lagu ini sangat enak untuk didengar. Yuk temen ngeBLUR, langsung aja dengerin lagunya! (Devi Layla A)


Tame Impala – Music To Walk Home By (2012)

Meskipun band ini telah berkembang menjadi lebih dewasa, agak dosa sepertinya bila karya-karya terdahulu Tame Impala tak disertakan dalam artikel bulan ini. At certain point I think we can agree, Kevin Parker’s earlier works are the epitome of solitude themed music in the 2010s.

Kalo temen ngeBLUR kurang familiar, bayangin; sebuah kertas besar penuh dengan coretan warna-warna cerah, bertubrukan indah, harmonis melengkapi satu sama lain. Kasarnya sih, paduan antar bassline dan drum, guitar dan keys synthesizer-nya ‘Music To Walk Home By’ seperti itu. (Prihatur Setyo Putra)


H.E.R – Changes

“When you’re feeling alone.. Everybody got somebody that they mess with on the low.. Now I just want you to save me..I just want you to save me”
Menyendiri terkadang memang menyenangkan, tapi ada saatnya kita butuh orang lain buat nemenin kesendirian kita, seperti yang dirasakan oleh H.E.R.
Penyanyi yang memiliki nama asli Gabi Wilson ini menceritakan bahwa dia senang menyendiri, akan tetapi ketika dia membutuhkan seseorang untuk menemaninya dia baru menyadari bahwa dia tidak mempunyai siapa-siapa lagi.
Katanya, alasan dia menyendiri itu karena nggak ada yang bisa tahan dan sabar sama dia, wah pasti nggak enak banget ya, temen ngeBLUR.
Buat temen ngeBLUR yang punya cerita serupa, lagu ini cocok banget buat didengerin! (Devi Layla A)