Semakin besar ombak yang didayung, semakin besar pula kemampuan si nelayannya.

Mau di mana pun kita berpijak, pasti ada tantangannya dong karena sejatinya kita manusia tuh ga pernah lepas dari yang namanya tantangan. Nah, khusus buat temen ngeBLUR, tim Music Director udah nyusun artikel musik bulan Maret dengan tema CHALLENGES nih. Harapannya, temen ngeBLUR bisa ngejalanin semuanya dengan lancar 🙂

Rex Orange County – Apricot Princess (2017)

Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam, temen ngeBLUR! Kali ini artikel dari temen-temen Music Director BLURadio hadir lagi, nih. Dengan tema challenge, pertama gue mau ngomongin soal Rex Orange County. Kenapa? Karena gue bisa dihitung jari nulis review musik jadi ini challenge buat gue sendiri. Hehehe.

Banyak yang dengerin Rex Orange County merasa mereka itu unik banget. Gue pun setuju karena saat gue dengerin pun gue langsung click. Genre-blending dan lirik-liriknya yang terbilang quirky di setiap lagunya ngebuat karakter mereka langsung nempel di kepala pendengarnya. Mungkin challenge buat mereka adalah: will they be able to satisfy their fans’ expectations in the upcoming projects? (Mahsa Islamey)

JPEGMAFIA – Veteran (2018)

JPEGMAFIA alias Peggy adalah seorang musisi bergenre glitch/hip-hop eksperimental yang lagi mencuat banget di platform Bandcamp dan Soundcloud akhir-akhir ini. Di awal tahun 2018, JPEGMAFIA merilis album keempatnya nih, temen ngeBLUR, yaitu Veteran. Veteran merupakan tantangan berat bagi sang artis karena JPEGMAFIA memproduseri album ini benar-benar sendiri, dari beat, lirik, hingga vokal.

Musikalitas musisi yang bermasa lalu militer ini emang agak menantang buat didenger kalo temen ngeBLUR gak suka sama musik rap, noise, dan gaya sampling yang glitchy. Selain itu konten musiknya juga provokatif. Temen ngeBLUR bisa nilai dari judul-judulnya. Sebut saja ‘I Cannot Fucking Wait Until Morrissey Dies’, ‘Libtard Anthem’, dan ‘Rock N Roll Is Dead’.  Namun tenang, kualitas musik Veteran bukan hanya berisik semata kok. Album ini agak nyaring memang, tapi kalau temen ngeBLUR sedang menantang diri untuk eksplor musik baru, Veteran pantes didengerin karena sangat ekspresif namun tetap rapi. (Prihatur Setyo Putra)

Barasuara – Taifun (2015)

Bagi temen ngeBLUR yang suka dengerin genre indie rock pasti udah gak asing lagi sama Barasuara, Barasuara merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang memiliki 5 orang personil. Pada tahun 2005 Barasuara merilis album pertamanya yaitu Taifun.

Kekuatan dari lagu-lagu Barasuara terdapat dalam liriknya yang dalam dan penuh makna seperti lagu-lagunya yang berjudul “Hagia” dan “Menunggang Badai”. Lagunya yang berjudul “Taifun” pun memiliki arti yang sangat dalam yaitu terkadang dalam hidup harus berhenti berlari, mulai berjalan. Intinya itu, menerima diri sendiri, berdamai dengan kesalahan. Secara keseluruhan, album ini sangat pantas dan recommended untuk temen ngeBLUR dengerin! (Devi Layla A)

Tom Misch – Follow (Feat. Laura Misch)

“Don’t be afraid of who you want to be. Remember I’m here.” Tenang.. temen ngeBLUR gak sendirian kok ngelewatin hari-hari berat. Yuk, istirahat sejenak dari challenges kehidupan yang bikin penat dengan mendengarkan Follow dari EP berjudul Reverie milik musisi tampan, Tom Misch. Pria kelahiran Inggris, 25 Juni 23 tahun lalu ini menawarkan genre Alternatif/indie pada musik-musiknya. Terlihat dari kepiawaiannya bermain alat musik, menciptakan lagu sampai menyanyikannya sendiri membuat musik yang disuguhi Tom Misch untuk para pendengarnya sangat elegan.

Alunan saxophone dalam lagu Follow yang dimainkan oleh Laura Misch, kakak dari Tom Misch seperti menaruh pendengar ke mode relax dalam sekejap dan rasanya bikin sejuk kepala.
Dalam lagu ini Tom Misch gak basa-basi untuk memberi tahu orang tersayangnya bahwa ia akan selalu ada untuk memberi support dalam setiap langkahnya.
Coba deh dengerin lagu ini sambil memejamkan mata setelah melewatkan hari yang berat di kampus, semoga membantu ya, temen ngeBLUR! (Saphira Evani Virnanda)

Men I Trust – I Hope To Be Around (2017)

Bicara tantangan bagi pemusik, tentu identik dengan membuat karya berdasarkan idealisme atau selera mainstream. Hal ini nggak jadi masalah buat trio Indie-Dance asal Kanada, Men I Trust, untuk mengekspresikan diri mereka.

 
“I Hope To Be Around”  yang dirilis pada penghujung 2017 sukses menghipnotis telinga namun tetap membuat pendengar untuk bergoyang walau dengan melodi musik yang menenggelamkan. Berani berkarya keluar dari genre musik pop tentu sudah menjadi tantangan, apalagi membuat video klip-nya sendiri. Be sure to check out because it’s full of aesthetic! (Adi Agustha Yudha)

Julia Brennan – Inner Demons (2016)

“So angels, angels please just keep on fighting. Angels don’t give up on me today. ‘Cause the demons they are there, they just keep biting. ‘Cause inner demons just won’t go away”

Lewat liriknya tersebut Julia Brennan mencoba untuk menyampaikan keresahannya dan perjuangnnya dalam melawan ‘Inner Demons’ yang ada dalam dirinya. Dengan nuansa Dark dan lantunan suara Julia yang powerful diiringi suara piano yang lembut, single pertama dari penyanyi asal Minneapolis, Amerika Serikat ini sukses menghantui radio – radio setempat pada tahun 2017 lalu. Usut punya usut nih, Penyanyi yang telah bergabung dengan Coloumbia Records ini, pada awalnya merupakan seorang penyanyi independent yang tidak memiliki label loh temen ngeBLUR.

Ia mengirim lagu ini ke salah satu program radio di Minnesota’s biggest pop station dan menaruh lagunya di iTunes secara independent. Lagu ini bercerita tentang temannya yang harus berjuang melawan masalah dengan keluarga, lingkungan serta dirinya sediri. Lagu ini cocok banget didengerin sama temen ngeBLUR yang merasa harus berjuang bahkan dengan diri kalian sendiri. Apalagi dicuaca yang suka hujan-panas-grimis syahdu gini. (Tasya Azizah)

The Panturas – Mabuk Laut (2018)

Berikutnya datang dari orang-orang terdekat, nih, yaitu The Panturas! Album Mabuk Laut ini emang bikin heboh banget waktu keluar. Mungkin langsung masuk ke tema aja ya: challenge.

Kita semua tau The Panturas itu berawal di kampus, dan kita juga tau gimana nasib band kampus yang udah-udah. Ada juga band kampus yang bagus banget, tapi gak kemana-mana. Ada band kampus yang udah kemana-mana, tapi setelah pada lulus. Hilang. Nah, mungkin itu challenge yang menurut gue paling masuk akal. Apa mereka bisa tetep terus bermusik walaupun banyak rintangan kayak, harus kerja, pindah kota, menikah??? (Mahsa Islamey)

Aurette and The Polska Seeking Carnival – I Love You More Than Pizza

Menikmati suasana senja dengan secangkir teh hangat belum lengkap nih kalo belum diiringi alunan musik yang bisa bikin hati tenang. Ya! Ini dia Aurette and The Polska Seeking Carnival, band asal Yogyakarta ini menyuguhi genre musik yang berbeda yaitu Pop Folk Polka. Menceritakan cerita yang kadang sedih tetap dengan irama bahagia, itulah AATPSC.

Lagu I Love You More Than Pizza ini seperti membangun suasana Perancis saat mendengarkannya karena liriknya yang ditulis dalam bahasa Perancis. Walaupun liriknya memberikan ciri khas eropa yang kental namun tidak membuat lagu ini asing didengarkan telinga Indonesia kita. Mendengarkannya memberikan challenge tersendiri, lho! Jadi bikin kita penasaran apa sih arti dari liriknya? Ternyata lagu yang disuarakan oleh Dhima Datu sang vokalis ini bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta pada orang yang dibencinya, dapat dilihat dari penggalan liriknya I’m falling love avec un homme que je déteste” yang berarti “I’m falling in love with the man that I hate”. (Saphira Evani Virnanda)

Maliq D’essensials – Terdiam (2004)

Siapa sih yang gak kenal Maliq D’essensials? Grup Band yang terbentuk pada tahun 2002 ini mengawali karir mereka dikancah musik dengan bernyanyi di sebuah pub kecil dalam hotel berbintang lima di Jakarta. Nah, lagu Terdiam ini merupakan single  pengawal karier mereka di industri musik Tanah Air. Diliris pada tahun 2004 bersamaan dengan Album debut mereka yaitu 1st Maliq & D’essentials, single yang menggabungkan unsur jazz,blues, dan pop ini sukses menggebrak industri musik dalam negeri pada saat itu.

Lagu ini memiliki lirik lagu yang sederhana namun ngena banget. Terbukti dari lirik lagu nya yang berbunyi “Mataku terus tertuju padamu saat kulihat dirimu tersenyum. Ingin aku menyapa namun ku terdiam, tak kulakukan.” Yang jelas – jelas menggambarkan tentang pertemuan dengan orang yang kita sukai tapi kita ga bisa berbuat apa – apa padahal dalam hati pengen banget untuk bisa walau hanya sekedar menyapa si dia. Buat temen – temen ngeBLUR yang lagi suka sama seseorang tapi sulit untuk mengungkapkannya, lagu ini sangat pas buat kalian. (Tasya Azizah)

Alex Turner – Stuck On The Puzzle (2011)

Siapa yang gak tau Alex Turner? Penyanyi asal Inggris yang memiliki wajah tampan ini merupakan vokalis band Arctic Monkeys. Selain menjadi vokalis di Arctic Monkeys ternyata Alex Turner memiliki side-project yaitu menjadi penyanyi untuk soundtrack film Submarine.

Salah satu lagunya yaitu “Stuck On The Puzzle” bercerita tentang seorang laki-laki yang mencintai seorang wanita, tapi sayangnya kehadiran laki-laki tersebut tidak pernah di notice oleh wanita yang dicintainya. Wah, cinta yang bertepuk sebelah tangan itu emang paling gak enak, iya nggak, temen ngeBLUR? Buat temen ngeBLUR yang lagi stuck sama doinya yang gak peka peka, lagu ini cocok banget temen ngeBLUR dengerin! (Devi Layla A)