1525075738495[1]

“The one you love and the one who loves you are never, ever the same person.”

Chuck Palahniuk, Invisible Monsters

Love is beautiful, but how about unrequited love? Pernah ngga sih temen ngeBLUR ngerasain yang namanya cinta tak terbalas? Dari mulai cinta bertepuk sebelah tangan,  mencintai dalam diam, atau bahkan jatuh cinta pada orang yang salah. Tenang temen ngeBLUR, tim Music Director BLURadio udah nyiapin arikel musik bulan April dengan tema UNREQUITED LOVE, dan lagu – lagu pilihan yang pastinya bisa banget untuk meluapkan perasaan – perasaan yang tak tersampaikan oleh  temen ngeBLUR.

1. Yuna – Unrequited Love (2016)

“You don’t wanna belong to me cause freedom sounds better than I could give.600x600bf
Ngomongin soal ‘Unrequited Love’  atau cinta tak terbalas kurang lengkap tanpa lagu yang satu ini nih temen ngeBLUR. Dari judulnya aja udah cukup jelas ya, apa yang bakal diceritain di lagu ini. Lagu ini merupakan track ke empat dari album internasional ke tiga Yuna yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu dengan judul ‘Chapters’.
Menceritakan tentang cinta yang tak terbalas, di sini Yuna sadar betul untuk tidak wasting time pada seseorang yang jelas –  jelas tidak menginginkan kita. Dibalut suara lembut nan unik serta lirik yang apik. Ia berhasil menyentuh emosi siapapun yang mendengarkan lagu ini. (Tasya Azizah)

 

2. Joba – Sad Saturdays (2015)

Mungkin beberapa dari temen ngeBLUR udah ga asing lagi dengan grup 433df37bb4fd9b258b70026a7220e583.1000x1000x1BROCKHAMPTON. Sebelum mereka merilis 3 album di tahun 2017, salah satu anggotanya yaitu Joba mengeluarkan Sad Saturdays di tahun 2015. Lirik dan musikalitas Sad Saturday berbeda dengan kontribusinya di BROCKHAMPTON yang lebih agresif dan cenderung psikotik. Lagu ini semakin lama didengar, semakin terasa kerisauannya. “Why won’t you let me in” ucap Joba berulang kali menandakan kebingungan yang tak bisa dipecahkan akal sehatnya. Lagu ini juga mendapat nilai plus di vokal dan synth-nya yang lembut. Sedikit saran nih, buat temen ngeBLUR yang dilanda situasi unrequited seperti Joba. If it’s not meant to be, then it will never be. (Prihatur Setyo Putra)

hqdefault

3. The Radio Dept. – I Wanted You to Feel the Same

“I can’t believe you didn’t feel a thing, I wanted you to feel the same.” Unrequited love, salah satu masalah percintaan yang pastinya temen ngeBLUR pernah denger atau malah pernah ngalamin sendiri. Yap, when you love someone so much, but also at the same time you know that you will never be with that someone. Seperti lagu dari The Radio Dept. dalam albumnya Pet Grief yang berjudul I Wanted You to Feel the Same, dalam lirik lagunya yang tidak begitu panjang bisa terlihat bahwa band beraliran dream pop ini menyampaikan tentang dua orang yang tidak merasakan hal yang sama. Mungkin lagunya cocok nih buat temen ngeBLUR yang berada dalam situasi one-sided love. (Saphira Evani Virnanda)

10_700_700_mrg324

4. She & Him – You Really Got a Hold on Me

Mungkin temen ngeBLUR lebih kenal lagu You Really Got a Hold on Me dari The Beatles, namun sebenarnya lagu ini diciptakan oleh Smokey Robinson dan direkam ulang oleh The Beatles dalam album With The Beatles (1963). Tapi, temen ngeBLUR coba deh dengerin versi She & Him. Lagu ini dibawakan mendayu-dayu oleh sang vokalis, Zooey Deschanel. “You treat me badly, I love you madly, you’ve really got a hold on me.” ucap Zooey dengan pilu dalam liriknya. (Saphira Evani Virnanda)

 

5. All Time Low – A Daydream Away (2011)

Datang dari album studio ke empat dari sebuah grup band pop punk asal Baltimore, MI0003169162Amerika Serikat. Lagu ini berhasil membius para pendengarnya dengan lirik yang ‘ngena’ serta dikemas dengan gitar dan suara khas sang vokalis, Alex Gaskarth yang serasa deket banget ditelinga nih temen ngeBLUR.

Lewat sentuhan liriknya, disini All Time Low seakan menyadarkan kita akan ‘nikmatnya’ mencintai tanpa harus memiliki. Bahwa cukup dengan melamunkannya saja, kita tidak harus memiliki seseorang tersebut agar kita tidak perlu merasakan kehilangan atas dirinya suatu saat nanti. (Tasya Azizah)

 

6. Bon Iver – I Can’t Make You Love Me

Melakukan segala hal untuk orang yang kita cintai memang menyakitkan apabila da151ad51d391ae3a4c1765dd300e82d.608x608x1tidak dihargai atau bahkan tidak dinotice oleh orang tersebut, iya nggak temen ngeBLUR?

Buat temen ngeBLUR yang ngerasain rasanya cinta bertepuk sebelah tangan, wajib banget dengerin lagu dari band bergenre indie folk asal Amerika ini, yap, Bon Iver! Band yang memulai karirnya di tahun 2006 ini memiliki salah satu lagu yang berjudul “I Can’t Make You Love Me” liriknya memang sangat simple namun memiliki arti yang dalam, mendengarkan lagu tersebut seolah menjatuhkan diri ke lubang kesedihan yang dalam.

I feel the power but you don’t. No, you don’t, Cause I can’t make you love me, If you don’t.. If you don’t.. No you won’t. (Devi Layla Avianti)

 

7. mxmtoon – Feelings Are Fatal

”closed doors, locked in, no keys. keeping my feelings hidden.. there is no ease“ a1748862487_10mencintai seseorang yang tidak tahu bahwa dirinya dicintai bukanlah hal yang mudah, menyimpan rasa cinta yang dalam pada seseorang yang tidak mencintai kita adalah hal yang menyakitkan. Setuju nggak, temen ngeBLUR? Pada lagu ini mxmtoon yang merupakan seorang YouTuber seolah bercerita bagaimana sakitnya mencintai orang yang tidak mencintai dirinya.

Liriknya yang dalam ini bercerita tentang seorang introvert yang mencintai seseorang, dia selalu berusaha buat nyatain perasaannya tapi dia nggak bisa

“And I want to be able. To open up, but…My feelings are fatal.”

Yuk, temen ngeBLUR langsung aja dengerin lagunya! (Devi Layla Avianti)

lil peeeeeeeeeeeep

8. Lil Peep – Beamer Boy (2016)

Ga banyak lirik di genre hip-hop yang ngeekspos persoalan tentang unrequited-nya sang empunya karya. Tapi hal ini ga berlaku buat Gustav Elijah Åhr alias Lil Peep karena he’s in love with a girl who don’t need a boy.

Tema utamanya sih, drugs, cars, cash, and revenge. Lagian siapa sih yang gak ingin marah-marah terus ngelampiasin kalo ada di posisi ini? Temen ngeBLUR bisa milih mau ngelampiasin juga kaya naratif di lagu ini, atau nangis aja karena cara nge-rap Lil Peep ngingetin kita ke emo jaman 2000-an. Pilih mana? (Prihatur Setyo Putra)

f45b2508e10957635d8bd31b660b40de.1000x1000x1

9. Cuco – Lover Is A Day (2016)

“Will you love this part of me? My lover is a day I can’t forget.” Temen ngeBLUR pasti udah nggak asing sama Lover Is A Day dari Cuco

Single kedua dari album Wannabewithu ini lebih nyeritain tentang a broken relationship sebenernya, tapi kayaknya sakitnya sama aja kayak unrequited love, kan? Yuk langsung dicek lagunya. (Mahsa Islamey)

 

10. FUR – Not Enough (2017)

Soundtrack kisah cinta tragis unrequited love temen ngeBLUR berikutnya ada lagi 04ae068adb896645161b4311d3d6b738single dari band 50’s indie-rock asal Brighton, FUR – Not Enough. Dari judulnya juga udah keliatan kan, “Pacin’ round empty rooms in my head, and in my arms she’s there.”

Dengan bass yang sangat mendominasi di lagu ini ngebuat lagu ini feels like summer, but dark. Inget ya, temen ngeBLUR. Jangan pernah ngerasa kalau kamu nggak worth it cuma karena your love went one way. (Mahsa Islamey)