Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru nih, temen ngeBLUR. Setelah melewati masa-masa SMA, sekarang saatnya kamu memasuki masa yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Kehidupan perkuliahan ini mengharuskan kamu untuk hidup lebih mandiri, temen ngeBLUR. Gimana ya cara menjalani hidup sebagai mahasiswa baru? BLURadio punya tipsnya!

 

 1.      Ospek? Siapa takut!


Hidup sebagai mahasiswa biasanya harus melewati rangkaian ospek terlebih dahulu. Apa sih bayangan temen ngeBLUR saat mendengar kata “ospek”? Menyeramkan? Membosankan? Sekarang saatnya buang jauh bayang-bayang negatif tentang ospek. Ospek gak semenyeramkan itu, loh. Justru ospek bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperluas pertemanan. Lingkaran pertemanan yang luas ini gak cuma bermanfaat di lingkungan kuliah aja, tapi bisa juga bermanfaat saat lulus nanti, apalagi kalo udah mau cari kerja. Percaya deh, momen ospek ini gak bakal kamu lupain. Apalagi bisa jadi bahan cerita saat reuni, bahkan bisa kamu ceritain ke anak-cucu kelak!

 

 2.      Jangan kuper


Kalau kamu udah jadi mahasiswa, jangan deh jadi orang yang dicap sebagai anak kurang gaul. Eiiits, gaul di sini maksudnya bukan ke arah yang negatif ya, temen ngeBLUR! Di universitas itu ngumpul sama orang-orang dari Sabang sampai Merauke, nah usahain deh kamu kenal mereka.  Soalnya, yang namanya jadi mahasiswa gak bisa sendirian aja loh kalau ngejalanin perkuliahan. Makanya, perluas pergaulan kamu dengan cara-cara yang positif ya! Kayak ikut organisasi, bantuin acara di jurusan, atau nganterin temen kosan cari makan.

 

 3.      Belajar mengatur waktu


Jadwal kuliah tentu saja berbeda dengan jadwal sekolah. Sebagai mahasiswa baru, kamu harus pintar-pintar untuk mengatur jadwal biar waktu yang kamu punya tidak terbuang sia-sia. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan aktif berorganisasi, kursus, mencari pengalaman baru, atau bisa juga bekerja part time nih temen ngeBLUR. Jadi, selain kamu mendapatkan materi akademik di dalam kelas, kamu juga dapat pelajaran dan pengalaman yang gak kalah menarik di luar kelas.

 

 4.      Menjelajahi kampus dan sekitarnya


Sebagai mahasiswa yang nantinya akan menghabiskan sekitar empat tahun di tempat baru alias tanah rantau, salah satu cara beradaptasi dengan lingkungan baru adalah dengan menjelajahi kampus dan tempat-tempat di sekitarnya. Kalo kata pepatah sih “tak kenal maka tak sayang”. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sebelum nantinya disibukkan oleh seabrek tugas. Gak perlu menjelajah ke semua tempat, tapi seenggaknya temen ngeBLUR harus tahu letak ruang-ruang di kampus terlebih fakultas sendiri, ya!

 

 5.      Nabung, nabung, dan nabung!


Nah ini nih yang sering dilupain sama anak-anak yang “baru dilepas”. Kebanyakan anak biasanya baru ngerasain ngekos pas jadi mahasiswa dan terpaksa merantau. Karena gak ada yang ngatur, kebablasan deh kalau pake uang jajan. Nabung itu perlu loh, temen ngeBLUR! Itulah tantangannya sebagai anak perantau, harus pinter-pinter ngatur keuangan sendiri. Jangan sampai kamu foya-foya, tapi justru kebutuhan primer kamu malah terbengkalai. Coba deh kamu beli celengan, terus kamu masukin uang Rp5.000/hari biar nanti kalau kepepet, kamu gak usah ngerepotin temen buat cari pinjeman sana-sini.

 

 6.      Buatlah target yang harus dicapai


Menjadi mahasiswa baru merupakan langkah awal untuk kita belajar menjadi lebih dewasa. Kamu bisa membuat target yang ingin dicapai di waktu mendatang. Temen ngeBLUR bisa membuat target awal yang sederhana seperti lulus tepat waktu, IPK yang ingin diraih, pengalaman baru yang ingin dicoba, dan banyak lainnya. Dengan menuliskan target yang harus dicapai, tentunya akan membuat kamu menjadi lebih semangat untuk belajar dan berusaha lebih keras.

Semoga tips di atas bisa berguna buat temen ngeBLUR yang baru memasuki tahap awal perkuliahan. BLURadio mengucapkan selamat datang buat kamu yang baru jadi mahasiswa! Selamat menjalani kuliah dan jangan lupa bahagia!