Cung, siapa yang dateng ke acara seminar broadcasting yang diadain BLURadio, Sabtu (7/11) di Aula PSBJ FIB Unpad, kemarin? Acara yang dimulai jam 9 pagi ini diisi oleh dua pembicara yang memang ahli di bidang broadcasting, yaitu Muhammad Farhan dan Yeremia.

Acara ini dibuka oleh dua MC kece, Raras dan Raka, serta dimoderatori oleh Jasmine Zarasani. Pembicara pertama, Muhammad Farhan, atau yang lebih akrab disapa Bang Farhan ini sering mondar-mandir sebagai pembawa acara di beberapa stasiun televisi dan juga merupakan salah satu penyiar radio swasta yang cukup terkenal. Bang Farhan yang kini mengambil peran sebagai Direktur Bobotoh FM, banyak mentransfer ilmunya kepada peserta seminar mengenai basic penyiar radio. Menurut Bang Farhan, penyiar radio itu harus menguasai bahasa verbal yang baik, ekspresi, artikulasi, intonasi, dan juga visi. “Penyiar yang baik adalah pendengar yang baik,” kata Bang Farhan sembari menutup materinya.

Dengan berakhirnya meteri dari Bang Farhan, berakhir pula sesi pertama seminar ini. Sesi pertama seminar ditutup dengan penyerahan plakat oleh General Manager BLURadio, Rahmat Syah kepada Bang Farhan. Setelah itu, peserta seminar dihibur oleh Inside of feat. Shafira The Cat.

Lanjut sesi kedua, temen ngeBLUR! Pembicara kedua ada Yeremia alias Jeremy, penyiar sekaligus merangkap Program Director 99ers Radio Bandung. Siapa coba yang ga pernah denger 99ers Radio? Nah buat kalian yang ingin jadi penyiar di radio kaya 99ers, Jeremy ngasih tips supaya kalian bisa terpilih menjadi penyiar, yaitu cv yang baik, pengalaman, influence, serta minat dan bakat. Lalu, seorang penyiar juga harus memiliki mental yang kuat, punya factor x, good looking, profil, dan suara. Modal lainnya bisa ditambah dengan wawasan, menyukai musik, mengurangi ego pribadi, dan harus memiliki karakter. “Jadikan penyiar itu sebuah profesi atau hobi yang menghasilkan uang,” ujar Jeremy.

Nah, dua pembicara udah selesai ngasih materi nih, temen ngeBLUR. Selanjutnya, Ezrani Julinda selaku ketua pelaksana seminar memberikan plakat kepada Jeremy. Sekarang temen ngeBLUR udah dapet kan ilmunya di Seminar Broadcasting BLURadio ini? Semoga kalian yang pengen jadi penyiar bisa tercapai ya dan bisa jadi penyiar-penyiar hebat kaya Bang Farhan dan Kak Jeremy!