Fesbukan 5 digelar selama dua hari, 8-9 Oktober 2016, di PSBJ (Pusat Studi Bahasa Jepang) FIB Unpad. Hari pertama ada lomba bahasa dan kebudayaan. Cabang lombanya terdiri atas kanaji contest, speech contest, dan manga. Menariknya, ada hadiah tiket ke Jepang selama tujuh hari untuk juara 1 speech contest, loh!  Lalu, hari kedua ada matsuri (festival) kebudayaan Indonesia-Jepang. Nah, pada hari kedua ini, PSBJ rame banget. Jelas rame banget, soalnya banyak pengisi acara yang seru-seru, mulai dari adanya cosplay contest, obake house, bazar, stan pernak-pernik Jepang, stan makanan, stan photo booth, sampai foto a la Jepang juga ada! Menarik, bukan?

Meski sempat diguyur hujan dari sore hingga malam, ternyata gak mengurangi antusias pengunjung yang ingin melihat Fesbukan 5 sampai selesai. Buktinya, semakin malam justru semakin ramai. Apalagi banyak bintang tamu seru yang sayang banget kalo dilewatkan, seperti Tokyo Night, The Grgtz, Lumina Scarlet, Y-Boyz, Umbrella Time, Honey Beat, dan yang paling ditunggu, Hiroaki Kato!

Biasanya kalo di Jepang sana, saat penutupan matsuri (festival) ada bon odori yang dilanjutkan hanabi (kembang api). Bon odori adalah tarian khas Jepang yang semua penarinya membentuk lingkaran. Semua penarinya mengikuti gerakan penari yang ada di dalam lingkaran tersebut. Begitu pula di Fesbukan 5. Panitia dan pengunjung yang dateng juga ikutan melakukan bon odori loh. Bon odori dilakukan sebagai penutup Fesbukan 5 yang dilanjutkan dengan hanabi (kembang api).

Fesbukan 5 ini merupakan acara dengan paket lengkap, temen ngeBLUR. Gak hanya memberikan hiburan aja, tapi juga memberikan edukasi mengenai kebudayan Jepang di Indonesia. Tentunya apresiasi juga untuk Himade FIB Unpad yang udah sukses menggelar acara Fesbukan sampai ke-5 kalinya. Sampai jumpa di acara Fesbukan 6 tahun depan ya, temen ngeBLUR!