Kalau ada pertanyaan soal acara jazz terbesar di bulan Ramadhan, pasti jawabannya adalah Ramadhan Jazz Festival! WartaJazz bekerja sama dengan Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) menggelar Ramadhan Jazz Festival pada tangal 26-27 Juni 2015 kemarin dan merupakan kali kelima festival ini digelar. Acara ini diselenggarakan di halaman Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, seusai salat tarawih. Tempatnya yang mengambil lokasi halaman masjid memiliki tujuan agar makin meningkatkan rasa cinta masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap masjid. Acara yang bertajuk “The Magnificence of Islamic Culture” ini juga gratis dan terbuka untuk umum lho. Hanya dengan berdonasi infak, buku, atau donor darah, temen ngeBLUR udah bisa bergabung menikmati acara keren ini.

Antusias penonton yang dateng bener-bener pecah! Halaman masjid Cut Meutia menjadi penuh sesak. Dipandu oleh dua orang MC, Armanda Geraldy dan Shafira Umm, membuat suasana semakin meriah

5th Ramadhan Jazz Festival hari pertama (26/6) menyuguhkan penampilan dari Abenk Alter, Abdul and The Coffee Theory, Raisa, Kunto Aji, Sore, Emerald, dan White Shoes & The Couples Company. Seusai penampilan dari Abenk Alter, Ketua Umum RICMA, Soekarno Hatta, turut memberikan sambutan dan menyampaikan informasi mengenai RICMA. Lalu, ada kejutan nih temen ngeBLUR, setelah Abdul and The Coffee Theory menghibur penonton, ada kembang api yang dinyalakan dari bagian atas masjid dan turut menerangi langit malam acara 5th Ramadhan Jazz Festival. Pertunjukkan kembang api ini berlangsung sekitar lima belas menit dan sukses menghipnotis malam itu menjadi lebih bersemangat.

Hari kedua (27/6) juga gak kalah meriah lho. Ada penampilan Tari Betawi, Sumringah, Rio Moreno, Yura Yunita, Lantun Orchestra, Beben Jazz & Friends, Inna Kamarie, Rieka Roslan, dan Maliq & D’Essentials. Hari kedua 5thRamadhan Jazz Festival dibuka oleh penampilan Tari Betawi dari Abang None Jakarta Utara 2015. Sebelum lanjut ngejazz bareng, ada Ustad Madroi yang memberikan ceramah kepada penonton yang datang. Pada hari kedua pun gak terlepas dari kejutan, karena ternyata ada Menteri Ketenagakerjaan, Bapak Hanif Dhakiri, yang menyanyikan sebuah lagu religi. Kapan lagi kan liat Menteri Ketenagakerjaan nyanyi?

Selain membawakan lagunya masing-masing, setiap band dan penyanyi yang tampil juga membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa Jazz. Misalnya saja Raisa yang membawakan lagu Dengan Menyebut Nama Allah yang pernah dipopulerkan oleh Novia Kolopaking.

Seperti halnya tahun lalu, Ramadhan Jazz Festival tahun ini pun terbilang sukses. Ramadhan Jazz Festival merupakan acara bagi generasi muda untuk belajar dan saling menginspirasi anak-anak muda lainnya. Selain dapat menikmati musik jazz, kita juga dapat sekaligus beramal. Suskes terus untuk Ramadhan Jazz Festival dan sampai bertemu di Ramadhan Jazz Festival 2016 nanti, ya!

Untuk foto lainnya boleh dilihat di sini!