Wah, gak terasa ya sekarang udah masuk ke tahun ajaran baru lagi nih, temen ngeBLUR! Mengenai setiap tahun ajaran baru, ada fakta unik loh mengenai mahasiswa baru atau yang lebih sering disebut dengan sebutan “MABA”. Biasanya dengan berbagai macam kepribadian, MABA mempunyai tipe-tipe dan karakternya sendiri yang terkadang bikin gemes senior di Kampus masing-masing. Berikut ini adalah tipe-tipe dan karakter MABA yang biasa kita temuin di Kampus, check this out!

1. Maba Kepo

Biasanya tipe maba yang suka kepo itu karena mereka terlalu excited banget buat jadi Mahasiswa dan pengen tau lebih banyak tentang dunia perkuliahan.

2. Maba Cool

Gengsi dong kalau udah punya sebutan Mahasiswa tapi gak bisa sesuain gaya dan penampilan di Kampus. Tipe Maba Cool sangat memperhatikan penampilan mereka di depan umum agar selalu terlihat keren.

3. Maba Pelupa


Agak bahaya juga nih kalo semua MABA punya karakter yang kaya gini. Kalau gak konsentrasi bisa-bisa lupa terus sama apa yang ditugasin pas ospek, bisa-bisa bikin repot senior dong kalo gitu.

4. Maba Ngecengin Senior

Ada juga loh MABA yang kerjaannya ngecengin senior mulu, biasanya sih cewe ataupun cowo sama aja. Hampir sama dengan pepatah ’’sambil menyelam minum air’’  MABA dengan tipe seperti ini suka nyari jodoh pas lagi ospek.

5. Maba Teladan

Subuh-subuh udah dateng ke Kampus, cuma MABA teladan aja nih yang bakalan kaya gitu. Mungkin panitia ospeknya aja belum semuanya dateng, eh udah standby duluan MABAnya. Lucu juga nih kalo kaya gitu mah.

6. Maba Ikut-ikutan

Karena kurang pede atau masih labil biasanya ada juga MABA yang cuma ikut-ikutan temennya aja. Itung-itung cari aman gitu deh, waduh ada-ada aja ya MABA jaman sekarang.

7. Maba Jaim

Jadi MABA itu harus jaim alias jaga image tapi bukan berarti gak bisa jadi diri sendiri ya. Jaimnya tuh karena mereka ngerasa cantik atau ganteng, jadinya masih malu-malu kucing deh.

8. Maba Sok Tau


Ampun deh kalau udah ketemu sama tipe MABA yang kaya gini, kadang bikin pusing seniornya. Mungkin maksud mereka itu pengen bisa explore dunia perkuliahan sendiri tapi terkadang mereka suka dapet info yang gak sesuai. Lebih hati-hati ya kalau mencari informasi.

9. Maba Rajin


Walaupun sebutannya masih MABA tapi jangan salah, MABA yang punya sifat rajin itu bisa ngebantu temen-temennya loh. Karena dengan sifatnya yang seperti itu, mereka pasti akan selalu update info dan memudahkan keperluan mereka di dunia perkuliahan nanti.

10. Maba Gagal ‘Move On’


Gagal move on di sini bukan berarti MABA yang galau karena habis diputusin sama pacarnya loh. Tapi MABA yang gagal move on karena gak diterima di Kampus yang mereka inginkan sebelumnya. Kasian juga ya tipe MABA yang kaya gini, gak perlu sedih berlarut-larut. Inget aja kata-kata ini ’’you may lose something good, but you will gain something better.’’  Tetap semangat ya!

Kurang lebih ada sepuluh tipe-tipe dan karakter MABA yang biasa kita temuin di Kampus. Kalau menurut temen ngeBLUR kaya gimana? Pasti pernah kan nemuin beberapa tipe maba kaya di atas itu? Atau jangan-jangan dulu kamu seperti itu yaaa?